Sabtu, 20 Agustus 2011

Faktor-faktor penting sebuah Server:


1.      Processor
 
Processor Intel Xeon dan box-packaging
Tak pelak lagi bahwa Processor merupakan komponen terpenting pada sistem server dan komputer pada umumnya.Processor memiliki berbagai fungsi vital seperti pusat pengolahan data dan koordinator yang mengatur kerjasama semua sistem arsitektur yang ada. Dibanding perangkat lain, processor memiliki teknologi paling canggih dan paling mahal.
Pada server sendiri mengenal beberapa tipe processor dan konfigurasi.Misalnya server dengan platform Intel memiliki varian processor Intel Xeon dan Itanium.Processor kelas dekstop seperti Pentium 4, Pentium D, Pentium Dual Core dan lain-lain juga dapat berfungsi sebagai processorserver apabila menggunakan motherboardserver.
Dibawah ini merupakan faktor-faktor penting sebuah Processorserver :
a.      Core
Core merupakan jumlah core yang terdapat dalam processor.Core adalah inti processor yang berfungsi sebagai mesin pengolah utama aliran data (thread) yang masuk kedalam processor. Semakin banyak jumlah core yang tersedia, maka semakin baik komputer melakukan pengolahan aplikasi.
Saat ini produsen utama processor melipat-gandakan jumlah core agar processor dapat melakukan pengolahan multi-tasking dengan jauh lebih baik. Pada server berbasiskan teknologi Intel, terdapat beberapa varian yang memiliki jumlah Core yang disebut sebagai Single Core (jumlah core tunggal), Dual Core (jumlah core dua buah) dan Quad Core (jumlah core 4 buah) pada satu keping Processor.
Era Core dimulai sejak Intel merubah arsitektur dasar (mikro) dari komputer yang mereka buat.Sebelumnya Intel menggunakan micro-architecture yang disebut sebagai NetBurst, lalu menggantinya dengan micro-architecture Core seperti sekarang.Arsitektur Core diklaim memberikan kinerja yang lebih tinggi & daya yang lebih hemat.Micro-architectur merupakan teknologi inti yang membentuk processor secara keseluruhan.

b.      Manufacture
Manufacture merupakan teknologi integrasi yang berkaitan dengan proses manufakturarisasi inti processor. Inti processor sendiri dibentuk dari jutaan transistor yang bekerja secara parallel, dan yang dimaksud dengan manufacture adalah jarak antar transistor didalam inti tersebut.Semakin banyak jumlah transistor yang digunakan, maka semakin tinggi performa processor tersebut.Selain itu, semakin banyak jumlah transistor yang digunakan maka jarak antar transistor semakin rapat. Manufacture umumnya menggunakan satuan jarak “micron” (atau 10^-6 meter) atau Nanometer (10^-9 meter).
Manufacture melambangkan perbedaan generasi dari processor yang dibuat, karena pada dasarnya sistem manufacture melambangkan keberhasilan teknologi yang dibuat oleh vendor.
Pada processorIntelserver, terdapat beberapa generasi sistem manufacture, yaitu 0.13, 0.18, 0.09 dan 0.065 micron (um). Atau bisa ditulis dengan 130, 180, 90 dan 65 nm (dalam satuan nanometer).
c.       Clock Speed
Clock Speed merupakan frekuensi clock processor dalam waktu satu detik. Semakin tinggi clock speed artinya performa processor semakin tinggi dalam mengolah data. Clock Speed menggunakan satuan Gigahertz (GHz) dan merupakan sistem pengolahan internal dalam sistem processor.Misalnya : Sebuah processor Intel Xeon 2.66 GHz artinya memiliki clock speed sebesar 2,66 miliar hertz per-detik. Itu sama dengan gelombang yang terjadi sebanyak 2,66 miliar selama 1 detik. Pada konteks Processor, gelombang (clock) merupakan pembawa bit-bit data diantara lalu lintas sistem komputer. Artinya semakin banyak gelombang yang dihasilkan, maka semakin banyak bit data yang diangkut sehingga berimbas pada performa processor secara keseluruhan.
Karena beberapa faktor, saat ini para produsen processor seperti Intel tidak lagi berfokus pada Clock Speed.Clock Speed selalu berimbas pada suhu processor dan tinggi daya yang digunakan. Semakin tinggi angkanya akan membuat suhu processor semakin panas dan beresiko merusakkan perangkatnya sendiri. Faktor peningkatan daya juga akan membuat server menjadi boros energi. Yang pasti, clock speed bukan satu-satunya faktor yang dapat mendongkrak kinerja processor, karena hal itu juga ditentukan oleh jumlah Core, FSB dan Cache Memory.
d.      Front Side Bus
Front Side Bus (FSB) merupakan jalur yang menghubungkan Processor dengan memory utama (RAM) dalam satuan frekuensi.Biasanya FSB dilambangkan dengan Megahertz (MHz).FSB merepresantasikan gelombang frekuensi hubungan processor dan RAM. Semua data yang akan diolah processor, baik yang bersumber dari HDD, Graphics Controller dan lain sebagainya harus dikirim melalui RAM. Setelah itu RAMakan mengirimkannya ke Processor untuk diolah. Setelah diolah, data tersebut akan dikirim balik ke RAM dan didistribusikan keseluruh sistem internal yang membutuhkannya. Hubungan antara Processor dan RAM itu menggunakan konteks FSB seperti yang diterangkan diatas.
e.       Cache Memory
Cache Memory merupakan memori berkecepatan tinggi yang berfungsi menyimpan data sementara yang diperlukan processor.Cache Memory diintegrasikan didalam processor dalam bentuk chip on-die (internal).Dengan adanya cache memory maka data yang sering dibutuhkan processor tidak perlu diambil dari memori utama (RAM). Jadi Cache berfungsi mempersingkat load data yang terjadi antara Processor dan RAM (baca mengenai Cache Memory diatas).
Pada processor (termasuk server) biasanya terdapat dua macam cache memory, yaitu L1 dan L2 Cache.L merupakan singkatan dari Level, yaitu tingkatan cache didalam processor.L1 merupakan cache yang terletak paling dekat dengan inti processor, L2 terletak setelahnya dan seterusnya. Apabila processor membutuhkan data, maka inti akan mencarinya pada L1. Jika tidak ada, maka akan diminta dari L2 dan seterusnya. Jika semua cache tidak menyimpan data yang dibutuhkan, maka data akan diambil dari memori utama (RAM). Dari gambaran ini dapat terlihat jika cache bisa mempercepat kerja processor.Pada processorIntel Itanium dan Xeon (ada beberapa), juga terdapat L3 Cache.
f.       Power
Power merupakan daya yang dibutuhkan oleh sebuah processor pada saat beroperasi.Daya memiliki satuan Watt.Di processorIntel sendiri terdapat berbagai daya yang merentang dari 50 watt – 130 watt.Pada server, konsumsi daya merupakan salah-satu faktor penting yang harus diperhatikan.
g.      Heatsink dan Cooling Fan
Heatsink dan Cooling Fan merupakan modul untuk mengatasi panas yang dihasilkan oleh processor.Panas berlebih tersebut perlu diredam dan dibuang menggunakan Heatsink (logam penyerap) dan Cooling Fan (kipas pendingin).Intel selalu menyertakan modul ini dalam setiap packaged processor server yang mereka produksi sebagai kelengkapan standar.

Pada tipe server yang menggunakan chassis rackmount, biasanya digunakan pendingin pasif yang tidak menyertakan cooling fan agar menekan tempat (space) yang tersedia. Pendinginan pasif yang berbentuk seperti balok logam Heatsink (tanpa cooling fan) ini tersedia pada tipe processor Xeon tertentu yang memang ditujukan untuk chassis rackmount.
h.      Socket
Lihat pada bahasan Motherboard.
i.        Processor Number
Processor Number merupakan sistem penamaan processor yang diperkenalkan oleh vendor seperti Intel. Saat ini Intel menggunakan kode-kode bilangan tertentu untuk merepresentasikan spesifikasi detail dari processor yang mereka buat.
j.        Generasi
Generasi merupakan level generasi processor yang diproduksi. Generasi biasanya merujuk pada perbaikan (revisi) teknologi tertentu pada processor tersebut. Pada processorIntel, generasi biasanya direpresentasikan dengan kode tertentu yang dinamakan Spec# number.
k.      Analogi Core, Clock Speed, FSB, Arsitektur & Cache Memory
Untuk menerangkan fungsi Clock Speed, FSB, Arsitektur &Cache Memory secara jelas, kita dapat membayangkan sebuah mobil di jalan tol. Saat sebuah mobil memasuki jalan tol :
  • Imajinasikan Clock Speed sebagai satuan kecepatan maksimal mobil (km/jam).
  • Imajinasikan FSB sebagai satuan kecepatan maksimal yang diizinkan ketika melintasi tol (km/jam)
  • Imajinasikan Core sebagai jumlah & kapasitas silinder mesin mobil, semakin banyak jumlahnya semakin baik performanya.
  • Imajinasikan Cache Memory sebagai satuan maksimal kapasitas tangki bensin (liter).
  • Imajinasikan Power sebagai kapasitas daya mobil keseluruhan dalam satuan Horse-power.
  • Imajinasikan Arsitektur sebagai jumlah pintu tol yang tersedia (32 dan 64 pintu).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites